Cleaning Equipment

Cleaning Equipment : Pengertian, contoh dan Manfaat Lengkap!

Qilat.id Cleaning Equipment : Pengertian, contoh dan Manfaat Lengkap!. faktor penting bagi kesehatan dan kenyamanan kita adalah menjaga kebersihan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tugas tersebut dapat menjadi melelahkan dan memakan waktu, terutama jika tidak memiliki peralatan yang memadai.

Beruntunglah kini telah tersedia berbagai jenis Peralatan Pembersih yang dapat membantu dalam tugas membersihkan rumah atau tempat kerja.

Sampai saat ini, masih banyak orang yang kurang memahami peralatan pembersih, termasuk fungsi dan jenis-jenisnya. Secara umum, terdapat dua jenis peralatan pembersih berdasarkan fungsinya, yakni manual dan mekanik (memerlukan tenaga mesin).

Jika Anda bekerja di bidang pelayanan kebersihan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu pengertian dan jenis-jenis peralatan pembersih.

Untuk membantu, kami akan menjelaskan secara rinci mengenai cleaning equipment, termasuk pengertian, fungsi, klasifikasi, dan jenis-jenisnya.

Apa Itu Cleaning Equipment?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jenis-jenis cleaning equipment, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian umumnya.

Cleaning equipment adalah segala jenis peralatan pembersih yang digunakan untuk membantu proses pembersihan objek tertentu.

Tujuan penggunaannya adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menjalankan tugas.

Housekeeping, yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan keindahan area ruangan, merupakan salah satu orang atau lembaga yang terlibat.

Klasifikasi Cleaning Equipment

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, peralatan pembersih atau cleaning equipment sangat penting dalam melakukan pembersihan ruangan. Penggunaannya memiliki alasan yang jelas, yaitu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menjalankan tugas pembersihan.

Saat membahas peralatan pembersih, sebenarnya ada beberapa jenis yang dapat dikategorikan atau diklasifikasikan.

Salah satunya adalah berdasarkan sumber tenaganya, di mana peralatan pembersih dapat dibedakan menjadi 2 jenis seperti berikut.

  •   Peralatan Pembersih Manual
    Merupakan jenis alat pembersih yang dioperasikan secara manual.
  •  Peralatan Pembersih Tenaga Mesin
    Merupakan jenis alat pembersih yang menggunakan tenaga listrik atau mesin dalam pengoperasiannya.

Jika dilihat dari penggunaannya, cleaning equipment dibagi menjadi beberapa kelompok. Untuk penjelasan yang lebih rinci, simak baik-baik masing-masing kelompok peralatan pembersihan di bawah ini.

  1. Kelompok Broom and Brush
    Merupakan peralatan pembersih yang digunakan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada berbagai macam permukaan seperti lantai, tembok, upholstery, dan lain sebagainya.
  2. Kelompok Container
    Berfungsi sebagai tempat penyimpanan alat dan bahan pembersih, serta dapat digunakan untuk membawa air, mencuci, dan berbagai keperluan lainnya.
  3. Kelompok Linen
    Merupakan peralatan pembersih yang terbuat dari kain atau linen, biasa digunakan oleh petugas housekeeping untuk keperluan operasional sehari-hari.
  4. Kelompok Mechanical (Machinal)
    Cleaning equipment dioperasikan secara mekanik dengan menggunakan sumber tenaga listrik.
  5. Kelompok Protective and Supporting
    Merupakan peralatan pendukung dan pengaman yang memungkinkan kegiatan pembersihan dilakukan dengan baik dan aman.
  6. Kelompok Lainnya
    Merupakan peralatan pembersih yang tidak termasuk dalam kelompok peralatan sebelumnya.
Baca juga:  Carbon Steel : Jenis, Karakteristik & Kelebihan

Manfaat Cleaning Supplies

Cleaning equipment memiliki manfaat yang signifikan dalam membantu para petugas kebersihan dalam melakukan pekerjaan mereka.

Terutama di tempat-tempat umum seperti restoran, hotel, rumah sakit dan sebagainya, peralatan pembersih dapat meringankan beban pekerjaan dan memungkinkan mereka untuk membersihkan dengan lebih efisien dan efektif.

Dengan menggunakan cleaning equipment yang tepat, para petugas kebersihan dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan suatu tempat dan menghasilkan hasil yang lebih baik dalam menjaga kebersihan

Selain itu adapun mafaat atau fungsi lainnya seperti :

  • Mempercepat dan memudahkan proses pembersihan
  • Memperpanjang usia pakai suatu barang, jika cleaning supplies yang digunakan tepat.
  • Memperindah barang yang dibersihkan
  • Melindungi barang yang dibersihkan
  •  Memberikan aroma yang segar tehadap ruangan atau barang yang dibersihkan

Klasifikasi Bahan Pembersih

Terdapat banyak jenis bahan pembersih yang beredar di pasaran, dengan berbagai merk, harga, dan keunggulan yang berbeda-beda. Secara umum, bahan pembersih dapat diklasifikasikan menjadi empat macam, yaitu:

1. Detergent

 

Detergent merupakan bahan pembersih yang dapat berwujud cairan, padat, bubuk, atau pasta, yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel karena mengandung bahan kimia seperti hidrokarbon minyak, soda ash, dan asam sulfat.

Terutama yang berbentuk bubuk atau padat, detergent biasanya lebih banyak digunakan di lingkungan rumah tangga.

2. Solvent

 

Solvent adalah bahan pembersih yang berbentuk cairan, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan kotoran pada suatu benda. Biasanya bahan ini digunakan dengan cara dilarutkan terlebih dahulu dengan tambahan air, kemudian benda yang ingin dibersihkan direndam ke dalamnya.

Beberapa contoh bahan pembersih solvent antara lain air, thinner, spiritus, amonia, dan sebagainya.

3. Polish

 

Tersedia banyak merk terkenal polish (polimer), seperti Kiwi, Shine Up, Traffic Grade, New Complete, Braso, dan lain-lain. Polish dibagi ke dalam beberapa kategori yang berbeda.

Polish dibagi menjadi dua jenis berdasarkan larutan bahan bakunya, yaitu water-based polish (polimer dengan air sebagai pelarutnya) dan solvent-based polish (polimer dengan pelarut solvent).

Selain itu, polish juga dibedakan berdasarkan cara kerjanya, yaitu polish untuk membersihkan kotoran, membersihkan dan melapisi, serta melapisi dan melindungi benda.

4. Chemical Reaction

Chemical reaction adalah bahan pembersih yang berwujud cairan atau kristal. Bahan pembersih ini dapat membersihkan kotoran dengan cara mengubah sifat kotoran tersebut melalui reaksi kimia. Contohnya adalah cuka, caustic soda, pilax, HCL, dan lain-lain.

Jenis Cleaning Equipment Manual

Setelah memahami pengertian dan klasifikasi cleaning equipment, penting untuk mengetahui contoh atau jenis peralatannya. Beberapa jenis peralatan pembersih termasuk dalam klasifikasi manual, antara lain sebagai berikut.

1. Cary Caddy

Cleaning Equipment

Cary caddy adalah kotak penyimpanan perlengkapan dan bahan pembersih yang digunakan oleh petugas room atau public area attendant. Caddy ini biasanya berukuran kecil.

Baca juga:  Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Bertingkat: Terbaru 2023

2. Container Bin

Cleaning Equipment

Jenis cleaning equipment selanjutnya adalah container bin yang berfungsi sebagai tempat penampungan sementara untuk sampah sebelum dibawa ke tempat pembuangan atau diangkut oleh mobil pengangkut sampah.

3. Interior Cloth / Cleaning Cloth

Cleaning Equipment

Interior cloth atau cleaning cloth adalah sejenis kain yang digunakan untuk mengelap dan mengeringkan furnitur, keramik, porselin, dan benda-benda lainnya yang perlu dibersihkan dari debu.

4. Jumbo – Pad / Scruber Pad

Cleaning Equipment

Jenis cleaning equipment selanjutnya adalah jumbo pad atau scrubber pad, seperti sponge dengan permukaan kasar. Alat ini digunakan untuk membersihkan dinding kamar mandi yang dapat dijangkau dengan tangan.

5. Pad Scourer

Cleaning Equipment

Sama dengan poin sebelumnya, pad scrubber juga digunakan untuk membersihkan kamar mandi dan wastafel. Namun, scrubber pad ini memiliki dua bagian pada pegangannya, yaitu bertekstur halus dan kasar pada lapisan yang berbeda.

6. Pad – Boy – Red

Cleaning Equipment

Pad-boy-red adalah alat seperti sponge yang cukup kasar dan dilengkapi dengan stick. Alat ini digunakan untuk membersihkan dinding kamar mandi yang sulit dijangkau dengan tangan.

7. Telescop Stick

Cleaning Equipment

Telescopic stick adalah jenis stick yang digunakan untuk menyambung alat pembersih pada objek pembersihan yang tinggi atau sulit dijangkau dengan tangan.

8. Window Washer

Cleaning Equipment

Window washer adalah alat yang digunakan untuk membersihkan atau mencuci kaca dan jendela. Alat ini biasanya dapat disambungkan dengan tangkai atau tongkat untuk membantu membersihkan area yang sulit dijangkau.

9. Glass Wiper

Cleaning Equipment

Jenis cleaning equipment selanjutnya adalah glass wiper yang digunakan untuk membersihkan permukaan kaca dari air, debu, atau kotoran lain yang menempel.

10. Bottle Sprayer

Cleaning Equipment

Bottle sprayer adalah peralatan pembersih yang digunakan untuk menyemprotkan cairan atau bahan pembersih pada suatu objek.

11. Hand Brush

Cleaning Equipment

Hand brush adalah alat yang digunakan untuk menggosok kotoran dan noda pada lantai serta tembok.

12. Ceiling Broom

Cleaning Equipment

Ceiling broom adalah alat yang digunakan untuk membersihkan debu dan sarang laba-laba di langit-langit atau permukaan tinggi.

13. Brush & Long Stick

Cleaning Equipment

Brush & long stick digunakan untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada lantai, baik yang kering maupun yang basah. Alat ini juga dapat digunakan untuk menyapu lantai dengan menggunakan tangkai panjang.

14. Pail

Cleaning Equipment

Pail adalah sebuah wadah berbentuk ember yang digunakan untuk menampung air atau larutan bahan pembersih.

15. Toilet Bowl Brush

Cleaning Equipment

Toilet bowl brush adalah peralatan pembersih berupa sikat yang digunakan untuk membersihkan bagian dalam toilet.

16. Public Area Trolley

Cleaning Equipment

Kereta atau troli merupakan salah satu jenis cleaning equipment yang berfungsi untuk menyimpan atau mengangkut perlengkapan public area agar memudahkan pekerjaan para public area attendant.

17. Lobby Duster

Cleaning Equipment

Lobby duster adalah alat yang digunakan untuk menangkap debu di lantai atau area yang luas seperti lobby, supermarket, dan sejenisnya.

18. Floor Squeeze

Cleaning Equipment

Benar, floor squezee berfungsi untuk mengeringkan atau menarik permukaan lantai yang tergenang air.

19. Dust Pan & Broom

Cleaning Equipment

Rewrite: Dust pan & broom adalah alat yang digunakan untuk mengangkat dan mengumpulkan debu serta sampah. Selain itu, alat ini juga berguna untuk membersihkan lantai dari sampah atau kotoran basah atau kering yang tidak menempel pada permukaan lantai.

Baca juga:  Pondasi Rumah 2 Lantai - Panduan Lengkap Memulai Konstruksi

20. Hand Glove

Cleaning Equipment

Dalam klasifikasi cleaning equipment protective, hand glove berfungsi sebagai pelindung tangan dari bahaya bahan kimia dan zat berbahaya lainnya.

21. Wet Floor Caution

Cleaning Equipment

Wet floor caution merupakan peralatan pembersih manual terakhir yang digunakan sebagai tanda peringatan agar pengunjung atau orang yang lewat di sekitar area basah lebih berhati-hati.

Jenis Cleaning Equipment Tenaga Mesin

Sudah dijelaskan sebelumnya mengenai beberapa jenis cleaning equipment manual dan fungsinya. Sekarang, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap beberapa jenis peralatan pembersih yang menggunakan tenaga listrik atau mesin.

1. Blower

Cleaning Equipment

Salah satu jenis cleaning equipment yang pertama adalah blower yang berfungsi untuk mengeringkan karpet setelah diberi shampo. Tidak hanya itu, alat ini juga bisa digunakan untuk menyapu.

2. Carpet Extraction Machine

Cleaning Equipment

Carpet extraction machine adalah jenis peralatan yang digunakan untuk menghisap sisa air yang masih tertinggal di karpet setelah proses pembersihan selesai.

3. Floor Machine

Cleaning Equipment

Salah satu jenis peralatan pembersih dengan tenaga mesin adalah floor machine, yang berfungsi untuk menyikat permukaan lantai. Selain itu, floor machine juga dapat digunakan sebagai brushing machine, buffing machine, scrubbing machine, atau polishing machine.

4. Dry Vacuum Cleaner

Cleaning Equipment

Dry vacuum cleaner adalah jenis peralatan pembersih yang dapat menghisap debu atau kotoran yang melekat pada permukaan lantai, karpet, mebel, sofa, dinding dan lain-lain.

5. Dry Foam Extraction

Cleaning Equipment

Jenis peralatan pembersih selanjutnya adalah dry foam extraction, yang digunakan untuk mencuci karpet dengan sistem busa, tanpa perlu dibilas lagi. Sisa busa kotor kemudian akan dihisap kembali oleh mesin.

6. Polishing Machine

Cleaning Equipment

Polishing machine adalah jenis peralatan pembersih yang digunakan untuk menggosok dan mengkilapkan lantai, baik yang terbuat dari kayu, marmer, atau bahan lainnya.

7. Carpet Master

Cleaning Equipment

Dalam kategori cleaning equipment tenaga mesin, terdapat carpet master yang berguna untuk menyisir bulu karpet yang tebal atau panjang.

8. Steam Machine / Stemer

Cleaning Equipment

Mesin steam adalah salah satu jenis peralatan pembersih dengan tenaga mesin yang berfungsi untuk membersihkan kotoran pada lantai, dinding, atau sudut ruangan.

9. High Voltage Machine

Cleaning Equipment

Berikut adalah jenis peralatan pembersih tenaga mesin terakhir, yaitu high voltage machine. Alat ini digunakan untuk membersihkan lantai di sekitar kolam renang dengan daya listrik yang cukup tinggi.

Kesimpulan:

Dalam industri, kebersihan dan keselamatan adalah hal yang sangat penting. Untuk menjaga tempat kerja tetap bersih dan aman, diperlukan peralatan pembersih yang tepat dan efektif.

Ada berbagai jenis peralatan pembersih yang dapat digunakan, seperti alat pembersih lantai, mesin penghisap debu, alat pembersih tinggi, peralatan pembersih industri berat, dan peralatan keamanan tambahan.

Pilihlah peralatan yang tepat untuk keperluan industri Anda, dan pastikan untuk menggunakannya dengan benar untuk memastikan kebersihan dan keselamatan di tempat kerja.

Dengan menggunakan peralatan pembersih yang tepat, pekerjaan membersihkan dan menjaga kebersihan tempat kerja akan lebih mudah dan efektif.

Pastikan untuk selalu memperhatikan keamanan dan kesehatan saat menggunakan peralatan pembersih, dan selalu lakukan perawatan secara teratur agar peralatan tetap dalam kondisi baik. Jangan lupa, gunakan Cleaning Equipment yang tepat untuk keperluan industri Anda.Demikian pembahasan dari qilat.id mengenai Cleaning Equipment.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cleaning Equipment : Pengertian, contoh dan Manfaat Lengkap! yang dipublish pada January 31, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment