Besi Hollow Untuk Pagar

Besi Hollow Untuk Pagar : Design Minimalis

Qilat.id – Besi Hollow Untuk Pagar : Design Minimalis. Besi hollow menjadi salah satu pilihan material yang populer digunakan sebagai pagar rumah atau bangunan komersial. Selain tampilannya yang elegan, besi hollow juga memiliki kelebihan dalam hal kekuatan dan daya tahan terhadap cuaca dan kerusakan. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai penggunaan besi hollow untuk pagar dan apa saja keuntungan yang dapat diperoleh dengan memilih material ini.

Spesifikasi Besi Hollow untuk Pagar

Umumnya, satu batang besi hollow memiliki panjang 6 meter. Namun, jika panjang 6 meter tidak mencukupi kebutuhan Anda, besi hollo dapat disambung dengan mudah untuk mendapatkan ukuran yang lebih panjang.

Untuk mengetahui ukuran besi hollow yang tepat untuk pagar, Anda dapat melihat informasi dimensi. Informasi dimensi biasanya dinyatakan dalam satuan milimeter dengan format lebar penampang x panjang penampang x tebal. Sebagai contoh, informasi ukuran  50 x 50 x 2 mm, yang berarti lebar penampang 50 mm, panjang penampang 50 mm, dan tebalnya 2 mm.

  • SNI (Standar Nasional Indonesia) juga memiliki standar ukuran besi hollo yang dapat dijadikan referensi, antara lain:
  • 15 x 30 x 0,60 mm
  • 15 x 30 x 0,80 mm
  • 15 x 30 x 1,10 mm
  • 15 x 30 x 1,40 mm
  • 17 x 37 x 1,40 mm
  • 17 x 37 x 1,70 mm
  • 20 x 20 x 0,60 mm
  • 20 x 20 x 1,40 mm
  • 20 x 20 x 1,70 mm
  • 20 x 40 x 0,80 mm
  • 20 x 40 x 1,40 mm
  • 30 x 60 x 1,40 mm
  • 30 x 60 x 1,70 mm
  • 37 x 37 x 1,40 mm
  • 40 x 60 x 1,40 mm
  • 40 x 60 x 2,00 mm
  • 50 x 50 x 1,40 mm
  • 50 x 50 x 2,00 mm
Baca juga:  Forging Artinya : Jenis & Tekniknya

Desain Pagar Besi Hollow

Besi hollow menjadi pilihan material yang diminati untuk membuat pagar karena kekuatannya yang tahan lama dan kemampuannya untuk membuat rumah terlihat lebih mewah. Berikut adalah 10 inspirasi desain pagar besi hollo yang dapat memberikan kesan mewah pada rumah Anda:

Pagar Besi  Minimalis


Desain minimalis ini terbuat dari besi hollo yang dipasang secara vertikal, memberikan kesan tegas dan minimalis pada tampilan rumah. Pagar besi ini tahan lama dan perawatannya mudah, hanya perlu dicat ulang secara berkala.

Pagar Besi Hollow Minimalis Terbuka


Desain pagar minimalis terbuka terbuat dari besi hollo kecil dan dibuat bercelah, memberikan kesan terbuka pada tampilan pagar. Desain ini cocok untuk memberikan sentuhan pada tampilan eksterior rumah Anda.

Pagar Besi Hollow Minimalis Putih


Pagar minimalis ini memberikan kesan lapang dan juga memberikan privasi untuk Anda dan keluarga. Struktur horizontal pada pagar berwarna putih memberikan kesan mewah pada halaman rumah.

Pagar Besi Hollow Minimalis Modern


Pagar besi hollo dengan ketinggian sedang dan disusun secara vertikal memberikan kesan minimalis modern pada tampilan rumah. Jika besi hollo disusun tidak rapat, pagar ini akan memberikan kesan luas.

Pagar Minimalis Horizontal


Perpaduan antara besi hollo minimalis dengan tembok beton yang dipasang secara horizontal memberikan kesan simpel tetapi tegas pada tampilan pagar rumah.

Pagar Besi Hollow Menyatu dengan Pintu Masuk


Pagar besi hollo yang melampaui pandangan mata dan menyatu dengan pintu masuk rumah memberikan kesan mewah pada tampilan rumah. Besi hollo dipasang secara horizontal dengan tujuan untuk melindungi bangunan rumah dari luar.

Pagar Besi Hollow Minimalis Elegan


Besi hollo yang tipis dipasang secara horizontal atau vertikal memberikan kesan mewah pada desain rumah minimalis.

Baca juga:  Ukuran Tinggi Tangga 4 Meter : Yang Ideal

Pagar Besi Hollow Perpaduan Kayu


Perpaduan kayu dan besi hollo pada pagar rumah memberikan desain yang berbeda pada tampilan rumah. Pagar ini cocok untuk Anda yang ingin menghadirkan gaya Jepang pada rumah Anda.

Pagar Besi Hollow Kontemporer


Pagar besi hollo dengan pola unik dan desain kontemporer dapat dipadukan dengan tembok batu untuk memberikan kesan natural pada tampilan pagar rumah.

Pagar Besi Hollow Bambu


Pagar besi hollo yang dipadukan dengan bambu memberikan tampilan natural dan kokoh pada pagar rumah. Jika digunakan di halaman belakang rumah, tambahkan tanaman tropis untuk membuat suasana rumah lebih nyaman.

Kelebihan Besi Hollow untuk Pagar Rumah

Tidak semua pagar dibuat dari besi hollow. Namun, banyak orang yang mencari ukuran besi hollo yang paling tepat untuk digunakan sebagai bahan pagar karena tertarik dengan kelebihannya. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan besi hollo sebagai bahan pagar:

  • Proses pemasangan yang mudah
    Besi hollow sangat mudah dipasang, sehingga sangat disarankan untuk digunakan sebagai bahan pagar rumah. Bobot yang lebih ringan membuat proses pemasangan menjadi lebih mudah.
  • Tahan terhadap rayap
    Besi hollow memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan rayap. Dengan menggunakan besi hollo sebagai bahan utama pagar, Anda dapat memastikan bahwa pagar yang dibangun sangat kuat dan tahan terhadap rayap.
  • Tidak mudah berkarat
    Pagar yang mudah berkarat dapat menjadi masalah yang menjengkelkan. Namun, besi hollo memiliki daya tahan terhadap karat yang lebih baik dibandingkan dengan jenis besi lainnya. Hal ini disebabkan oleh lapisan pelindung yang terdapat pada besi hollo.
  • Cocok untuk desain pagar
    Besi hollow memiliki struktur yang kuat dan sangat baik, sehingga cocok digunakan sebagai bahan untuk desain  yang indah. Anda dapat menjadikan besi hollo sebagai pilihan utama untuk membuat pagar yang berkualitas di atas rata-rata.
Baca juga:  Rangka Besi untuk Tanaman Merambat : Praktis & Efektif

Kekurangan Besi Hollow

Walaupun memiliki berbagai kelebihan, besi hollow juga memiliki beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya sebagai bahan konstruksi. Berikut adalah beberapa kekurangan besi hollo yang harus Anda perhatikan:

  • Harga yang relatif mahal
    Meskipun harganya lebih murah dibandingkan dengan beberapa jenis material lain, harga besi hollo dapat terasa mahal jika dibandingkan dengan besi baja ringan. Namun, harga yang mahal ini sebanding dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya.
  • Tidak mampu menahan beban berat
    Besi hollo tidak cocok digunakan sebagai rangka atap atau plafon karena tidak didesain untuk menahan beban yang berat. Jika Anda membutuhkan material yang dapat menahan beban yang berat, Anda sebaiknya memilih besi baja ringan atau material lainnya yang lebih cocok.
  • Ukuran yang relatif pendek
    Panjang besi hollo yang tersedia di pasaran umumnya hanya berkisar antara 4 hingga 6 meter. Meskipun ukuran ini sudah cukup untuk beberapa kebutuhan sederhana, untuk kebutuhan yang membutuhkan panjang yang lebih, sebaiknya Anda mencari alternatif material yang lebih cocok.

Penutup

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan yang telah dijelaskan qilat.id di atas,  dapat menjadi pilihan material yang tepat untuk pagar rumah Anda. Kelebihan  seperti proses pemasangan yang mudah, ketahanan yang baik terhadap rayap dan karat, serta cocok untuk berbagai desain pagar, menjadikannya sebagai pilihan material yang sangat populer.

Namun, ada beberapa kekurangan besi hollo yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya, seperti harga yang relatif mahal, tidak bisa menahan beban berat, dan panjangnya yang terbatas.

Jangan lupa untuk memilih ukuran besi hollow untuk pagar rumah Anda yang tepat dan pastikan untuk membeli  hollo dari supplier yang terpercaya dan berkualitas. Dengan memperhatikan kelebihan, kekurangan, dan ukuran yang sesuai, Anda dapat membuat pagar rumah yang kuat, tahan lama, dan memiliki tampilan yang mewah. Semoga bermanfaat.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Besi Hollow Untuk Pagar : Design Minimalis yang dipublish pada April 20, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment