VSAT Part 1 : Apa itu VSAT? Pengertian VSAT Secara Lengkap!

Membahas secara singkat pengetahuan dasar tentang VSAT. Apa saja komponen yang membentuk jaringan telekomunikasi VSAT, dan apa kegunaannya dalam kegiatan sehari-hari. Pengertian VSAT terlengkap!
Posted on 10 July 2016

Apa itu VSAT? Pengertian VSAT Secara Lengkap!


VSAT adalah singkatan dari Very Small Aperture Terminal. VSAT adalah sebuah antena berbentuk parabola kecil yang menggunakan satelit untuk jalur komunikasi. Kepanjangan VSAT itu sendiri sebenarnya merujuk kepada ukuran antena yang cenderung kecil, tapi tetap kuat untuk digunakan sebagai terminal telekomunikasi satelit. Besar diameter antena VSAT pada umumnya berkisar antara 0.6 - 2.4 meter. Tapi ada juga besar antena VSAT yang 3 - 6 meter. Kalau anda belum tau apa itu satelit, jangan lupa dicek artikelnya. Nah, inilah pengertian VSAT.


qilat.id


Karena menggunakan satelit di angkasa, sistem telekomunikasi VSAT dapat mencakup jarak yang sangat sangat jauh. Kegunaan VSAT adalah untuk langganan internet satelit, data, TV, LAN, suara dan faksimili serta VoIP. 


Antena VSAT diatas gedung

Antena VSAT diatas gedung.


VSAT adalah sistem komunikasi Wide Area Network atau WAN. Singkatnya WAN adalah sebuah jaringan yang memiliki jangkauan sangat luas, bisa mencakup negara atau benua.


Apa sih fungsi VSAT? Antena VSAT adalah alat yang berguna untuk menerima dan mengirim sinyal dari dan ke satelit. Sedangkan satelit berfungsi sebagai penerus sinyal ketika menerima sinyal dari sebuah VSAT. Lalu sinyal yang diteruskan satelit akan sampai ke HUB atau pusat.


Apa saja perangkat yang membentuk sebuah jaringan VSAT? Perangkat jaringan VSAT secara garis besar terdiri dari:

1. Antena-antena VSAT rumahan yang tersebar di berbagai daerah

2. Antena HUB (dijelaskan secara singkat dibawah)

3. Satelit.

Pada jaringan ini, VSAT dan HUB berperan sebagai stasiun bumi (Earth Stations), sedangkan satelit berperan sebagai stasiun angkasa (Space Station). Sampai disini, saya yakin pengertian VSAT anda sudah lebih baik.


Apa itu HUB? HUB adalah antena yang berperan sebagai poros atau pusat jaringan telekomunikasi VSAT. HUB berfungsi sebagai penerima dan penerus sinyal dari ribuan VSAT lain, dan bentuknya sangat besar. Antena tersebut bisa berdiameter 4.5 meter sampai 13 meter, dan harganya juga sangat mahal.   HUB bukanlah alat yang digunakan oleh seorang user atau pelanggan internet satelit, melainkan alat yang dimiliki oleh operator jaringan.


hub vsat untuk internet satelit

Antena HUB atau pusat.


Setiap pengguna VSAT terhubung dengan stasiun HUB via satelit dalam sebuah susunan topologi star. Terdapat beberapa topologi jaringan pada VSAT, namun umumnya telekomunikasi VSAT menggunakan topologi star. Singkatnya topologi star itu berarti menggunakan sebuah antena yang berfungsi sebagai pusat dari seluruh antena. Dalam telekomunikasi VSAT, pusatnya adalah HUB ini. Nah, untuk memperjelas perangkat jaringan VSAT yang pada umumnya digunakan, bisa dilihat pada skema perangkat VSAT dibawah.  


skema internet satelit vsat

Perangkat Jaringan VSAT


Ketiga komponen ini adalah komponen dasar / utama yang diperlukan untuk membentuk jaringan telekomunikasi VSAT. Tapi sebagai user internet satelit, anda tidak perlu punya ketiga komponen tersebut. Anda hanya perlu perangkat VSAT rumahan saja. 


Seorang user hanya memerlukan dua hal agar bisa internetan dengan VSAT :

1. Langganan internet dari provider internet satelit seperti Qilat.id.

2. Memiliki perangkat-perangkat VSAT rumahan seperti; piringan antena, modem satelit, dan teman-temannya (disingkat biar tidak terlalu ribet).


Agar dapat digunakan untuk internetan, sebuah VSAT harus terhubung dengan komponen lain, seperti VSAT modem / modem satelit. Modem tersebut dapat disambung dengan kabel LAN yang lalu dihubungkan langsung ke komputer atau ke Wi-Fi router. Voila! Anda bisa internetan deh. Biasanya perangkat ini sudah disediakan oleh provider internet satelit dengan harga yang bervariasi. Gimana? Apakah anda sudah lebih paham pengertian VSAT?


Sebenarnya apa sih kegunaan VSAT?


VSAT dalam pengertiannya adalah sebuah jalur telekomunikasi, atau jalur komunikasi jarak jauh. Secara garis besar VSAT itu bisa buat nelpon, internetan, nonton TV atau cuma untuk pertukaran data dari satu VSAT ke VSAT lain. Pada umumnya VSAT berguna untuk menghubungkan orang-orang yang berada di daerah terpencil dengan internet.


“Oh, kalau cuma untuk orang-orang di daerah terpencil berarti saya ngga perlu VSAT.” Belum tentu! Provider internet satelit seperti Qilat.id memberikan layanan internet satelit menggunakan VSAT bahkan di kota-kota besar.


"Lha, Kenapa orang-orang di kota besar ada yang pake internet satelit? Kan udah ada internet fiber optik?" Karena banyak di daerah perkotaanpun yang belum terjangkau oleh Fiber Optik (Jangan lupa baca artikel penting apa itu Fiber Optik).


Terlebih lagi, cukup mahal biaya yang diperlukan oleh provider internet kabel untuk membangun infrastruktur fiber optik di setiap daerah. Soalnya Indonesia itu besar dan banyak kepulauannya. Make sense kan? Tapi memang, biaya yang diperlukan user untuk berlangganan VSAT relatif lebih mahal dibanding berlangganan fiber optik. 


Ini karena dengan VSAT anda harus membeli seperangkat equipmentnya dulu yang harganya belasan juta. Ditambah harga penyewaan bandwidth satelit juga tergolong mahal karena biaya peluncuran satelit itu sangat mahal. 


Trus gimana caranya biar murah? Anda bisa saja urus instalasi dan delivery sendiri, dengan melakukan ini anda bisa menghemat jutaan rupiah lho! Masih coming soon, tapi QILAT bakal ngasih panduan instalasi PDF dan Video agar pengguna bisa instalasi sendiri.


Apa contoh penggunaan atau aplikasi VSAT dalam kehidupan sehari-hari?  Dan siapa yang seharusnya menggunakan VSAT?


Nah Aplikasi VSAT dalam kehidupan sehari-haripun bermacam-macam. Dengan adanya VSAT, orang yang bekerja di daerah-daerah terpencil atau pelosok di Indonesia dapat internetan.


pengguna internet satelit di pedesaan

Nenek-nenek dikampung bisa internetan gara-gara pake VSAT.


Pekerja-pekerja perminyakan yang berdinas di tambang dapat terkoneksi dengan internet satelit. Pekerja yang berada di kepulauan kecil dapat menghubungi sanak saudara dirumah. Kapal-kapal dapat diketahui lokasinya dengan VSAT GPS, bahkan sekarang penumpang pesawat dan kapal juga dapat internetan. 


Pada umumnya ATM-ATM yang terletak di kota-kota besar juga menggunakan VSAT lho, karena ATM itu banyak sekali dan letaknya terpencar pencar. Agar segera up and running maka digunakanlah VSAT. Daripada harus tarik-tarik kabel, makan waktu, belum lagi masalah perizinan, dan biayanya jadi mahal. Karena VSAT adalah alat yang menggunakan satelit sebagai jalur komunikasi, pengadaan internet sebagai jalur telekomunikasi jauh lebih praktis. Mau internetan di tengah hutan juga bisa.


Karena Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, terdiri dari  17,508 - 18,306 pulau. VSAT adalah solusi internetan yang sangat berguna di Indonesia. Soalnya banyak pulau-pulau kecil yang terpisah dengan pulau utama, jadi sulit bagi penyedia layanan internet fiber optik untuk membangun infrastrukturnya di semua pulau. Sehingga VSAT merupakan solusi internetan atau jalur komunikasi yang sangat bermanfaat di Indonesia. 


Kalau seandainya anda ingin mengetahui lebih jauh / detail tentang VSAT, bisa dilihat artikel selanjutnya Part 2 : Komponen, Kelebihan dan Kekurangan VSAT, Part 3: Pengertian Satelit dan Part 4 : Apa itu Internet Satelit. Mungkin anda ingin lebih mengerti tentang Google search dan search engine? Silahkan dibaca artikelnya. Salam!


Referensi

  1. http://searchnetworking.techtarget.com/definition/hub
  2. http://anak-elektro-ustj.blogspot.co.id/2012/03/sistem-jaringanvsat-di-amerika-pada.html
  3. http://catatan-teknologiku.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-vsat.html
  4. http://moriza-islamo.blogspot.co.id/2013/04/apa-itu-vsat-apa-kelebihan-kekurangan.html

 

Bagikan ke sosial media.


Related Articles


Wahaha, nenek Gaul

Wah artikel yang sangat bagus, sangat mudah dimengerti sekali! Ditunggu artikel-artikel lainnya!

Saya baru belajar tentang VSAT, artikel ini sangat bermanfaat terutama bagi pemula

Terima kasih infonya, Sangat Bermanfaat

Kirim komentar: