VSAT Part 4 : Apa itu internet satelit? Cara Kerja Internet Satelit VSAT

Menjelaskan tentang apa itu internet satelit. Artikel ini dibuat karena pada umumnya masyarakat belum terlalu mengenal jaringan internet via satelit.
Posted on 10 October 2016

Sebenarnya artikel yang satu ini sedikit teknikal, namun siapa tau anda cukup tertarik dengan topik bahasan kali ini. Sebelum saya coba jelaskan, ada baiknya kalau anda membaca tentang pengertian vsat dan pengertian satelit. Kedua artikel itu akan sangat membantu anda untuk mengerti artikel ini. Oke? Kalau begitu mari kita mulai. Jadi apa itu internet satelit?


Apa itu Internet Satelit?


Internet satelit adalah layanan internet yang menggunakan VSAT dan satelit telekomunikasi sebagai penghubung antara pelanggan dan Internet Service Provider (ISP). Jaringan internet ini tidak menggunakan kabel seperti layanan internet pada umumnya. Untuk menggunakan internet satelit, tentunya anda harus berlangganan layanan internet satelit dulu. Contohnya ya langganan sama provider seperti Internet satelit Qilat


Berlangganan Internet Satelit


Pertama-tama, pelanggan harus memiliki antena VSAT yang dapat terhubung kepada antena operator pusat atau ISP internet satelit. Diperlukan juga perangkat-perangkat VSAT lainnya agar sistem internet satelit dapat bekerja. Semua perangkat ini umumnya dijual atau disewakan oleh ISP internet satelit.


Antena VSAT ini harus terhubung ke jaringan ISP, karena merekalah yang sebenarnya terhubung ke internet. Anda membayar biaya langganan perbulan kepada ISP agar mereka mau “berbagi” bandwidth koneksi internetnya dengan anda.


gunakan internet vsat qilat


Uplink & Downlink


Agar nanti anda dapat memahami cara kerja internet satelit, menurut saya anda harus mengerti beberapa hal terlebih dahulu, lebih bagus lagi kalau anda mau membaca artikel yang pernah saya buat tentang komponen, kelebihan dan kekurangan VSAT. Gambar dibawah menjelaskan secara general skema telekomunikasi internet satelit VSAT.


skema telekomunikasi internet satelit

Skema Telekomunikasi Interenet Satelit


Nah kalau anda lihat, diatas ada yang namanya uplink dan downlink. Apa itu uplink dan downlink pada komunikasi satelit? Saya akan coba jelaskan dibawah.


a. Uplink adalah pengiriman sinyal dari stasiun bumi (VSAT atau HUB) kepada satelit. Mudah saja, karena mengirim dari bumi ke satelit, makanya namanya “up” yang berarti keatas.


b. Downlink adalah pengiriman sinyal dari satelit ke stasiun bumi. Juga mudah, namanya juga “down” pasti mengirim kebawah. Berarti mengirim sinyal dari satelit ke bumi.


Mudahkan? Nah sekarang mari kita bahas transmisi sinyal pada internet satelit VSAT. Kasusnya disini adalah ketika anda ingin membuka google pada PC, laptop atau handphone anda dengan menggunakan jaringan VSAT.


Transmisi Sinyal Pada Internet Satelit VSAT


1. Request data. Ketika anda baru selesai menginstalasi perangkat internet satelit di kantor atau dirumah, mungkin anda akan mencoba tes buka Google. Anda akan mengetik google.com pada search box dan menekan Enter/Return berharap halaman google terbuka. Ini berarti anda sedang me-request server google untuk memberikan data-datanya. Google search akan memberikan hasil yang anda minta, kalo belum tahu cara kerja google & search engine jangan lupa baca artikelnya.


request google ke server via internet satelit

Requesting Google


2. Kirim sinyal ke satelit. Ketika anda request, request tersebut di ubah menjadi sinyal frekuensi radio oleh modem dan dikirimkan dari antena VSAT anda ke satelit yang berjarak 36000 kilometer dari bumi. Inilah yang dinamakan uplink, seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya.


kirim sinyal ke satelit

Kirim Sinyal Ke Satelit


3. Satelit memantulkan sinyal. Satelit yang menerima sinyal tersebut lalu meneruskan sinyal tersebut kembali ke bumi, kepada antena HUB milik ISP anda. Inilah yang dinamakan downlink. Fungsi satelit disini hanya sebagai penerus sinyal, dari antena VSAT pelanggan ke antena HUB pusat milik operator internet, dan sebaliknya. Anggap saja satelit ini digunakan sebagai pengganti kabel untuk jalur lewatnya data bolak balik.


kirim sinyal ke hub downlink

Kirim Sinyal ke HUB


4. Diterima oleh HUB. Setelah satelit memantulkan sinyal, sinyal ini lalu diterima oleh antena HUB operator internet satelit. Hingga pada tahap ini, prosesnya disebut Reverse Link. Yaitu proses pengiriman sinyal dari antena pelanggan ke antena milik operator. Setelah HUB menerima request, HUB akan meneruskan request kepada webserver tujuan.


5. Kirim balik ke VSAT pelanggan. Setalah operator menerima data-data yang diiinginkan pelanggan dari web server tujuan, maka data-data ini dikirimkan kembali dalam bentuk sinyal kepada pelanggan dengan jalur yang sama. Pengiriman sinyal dari antena HUB operator kembali ke antena VSAT pelanggan disebut juga sebagai Forward Link. Setalah data-data ini diterima oleh antena VSAT anda, barulah anda bisa melihat Google.


Forwardlink kepada vsat pelanggan

Forward Link Menuju VSAT pelanggan


Kelima proses tesebut bisa memakan waktu sekitar 240-800 milidetik (ms), atau 0.24-0.8 detik tergantung dari keadaan cuaca dan layanan ISP mana yang anda gunakan. Namun karena jaraknya yang sangat jauh, jadi hal ini cukup wajar. Jarak transmisi sinyal ini totalnya bolak balik bisa mencapai 80.000 - 90.000 kilometer. Jauh banget kan?


Karena itu, internet Satelit itu menurut saya pribadi tidak cocok kalau digunakan untuk bermain online game. Karena ada delay antara saat anda memencet tombol dan saat karakter yang anda mainkan mengeksekusi gerakan. Begitu juga dengan Skype, ada delay antara saat lawan bicara anda mengeluarkan suara, dan saat anda mendengar suara tersebut.


Oke, saya rasa cukup mengenai internet satelit dan cara kerjanya. Saya berharap anda dapat mengerti apa yang telah kita bahas dalam artikel ini. Tranmisi sinyal pada internet satelit VSAT, uplink & downlink, dan lain-lain. Bila berguna, maka silahkan dishare ke teman-teman atau kerabat yang mungkin juga ingin membaca. Atau baca artikel lain yang bermanfaat seperti apa itu fiber optik & apa itu vsat. Salam!


Referensi :

  1. http://www.satsig.net/latency.htm
  2. http://www.plugthingsin.com/internet/satellite/
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Satellite_Internet_access
  4. http://www.vsat-systems.com/satellite-internet-explained/latency.html

Bagikan ke sosial media.


Related Articles


Makasih penjelasannya, kalau ada job di Bali atau Lombok boleh kabari saya. Saya siap!

menarik untuk dibaca, serta dapat membantu menambah pengetahuan. lihat artikel serupa dengan mengunjungi : <a href="http://pena.gunadarma.ac.id">Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma</a>

Izin copas untuk belajar

terimakasih atas info yang sangat menarik ini dan untuk referensi silahkan kunjungi http://wartawarga.gunadarma.ac.id

Untuk pemasangan butuh dana berapa.?

Kirim komentar: