reset wifi firts media

Reset Wifi First Media : Paling Simpel!

Qilat.id – Reset Wifi First Media : Paling Simpel! Wifi menjadi salah satu kebutuhan yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penyedia layanan internet dan wifi terbesar di Indonesia adalah First Media. Namun, terkadang ada beberapa kendala yang muncul saat menggunakan wifi First Media, seperti jaringan yang lambat atau terputus-putus. Jika Anda mengalami hal yang sama, salah satu solusi yang bisa Anda coba adalah melakukan reset wifi First Media. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara melakukan reset wifi First Media dan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum dan sesudah melakukan reset.

Alasan Restart WiFi First Media

Modem adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai penghubung antara jaringan kabel fiber optik dengan perangkat pengguna untuk menerima sinyal internet. Modem dilengkapi dengan sirkuit elektronika yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Namun, terkadang modem WiFi First Media dapat mengalami gangguan yang mengganggu kenyamanan pengguna dalam menggunakan internet. Untuk mengatasi masalah tersebut, factory reset dapat menjadi solusi awal yang dapat dilakukan.

Berikut adalah tujuan dari melakukan factory reset pada modem WiFi First Media:

  • Menghapus Konfigurasi
    Kadang-kadang, pengguna memasukkan parameter tertentu pada modem WiFi yang tidak bisa diubah. Namun, perangkat terlihat tidak berfungsi dengan baik dan suhu perangkat terasa panas. Ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan istirahat sejenak dan melakukan reset pada modem WiFi. Dengan melakukan reset, pengaturan seperti IP Statis, DNS, password perangkat, dan parameter DCHP akan dihapus.
  • Mengatasi Error Jaringan
    Beberapa masalah error jaringan internet dapat terjadi pada komponen Modem First Media itu sendiri. Sebelum melakukan reset, kalian bisa mencoba merestart WiFi internet dan mencabut daya listrik. Namun, jika internet masih mengalami masalah error dan lambat, maka factory reset dapat menjadi solusi terakhir. Dengan melakukan factory reset, beberapa malfungsi ringan seperti perangkat tidak terhubung ke internet, kecepatan koneksi internet terasa lambat, pemakaian VOIP terputus-putus, masalah koneksi port, dan masalah koneksi antara perangkat dapat diatasi.
Baca juga:  Cara Tukar Poin Indosat Menjadi Kuota : GRATIS !

Penyebab First Media Gangguan

Jika kalian menggunakan wifi First Media dan mengalami gangguan, kemungkinan ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya. Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin dapat menyebabkan gangguan pada jaringan First Media:

  • Perbaikan atau Pemeliharaan Jaringan
    Sebagai penyedia layanan internet dan TV kabel terkenal di Indonesia, First Media selalu berusaha untuk memberikan kualitas layanan terbaik kepada pelanggannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, First Media secara berkala melakukan pemeliharaan pada jaringannya. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah ada masalah atau kerusakan yang menyebabkan koneksi internet menurun, sehingga dapat dilakukan perbaikan.
  • Gangguan pada Sistem Provisioning Modem
    Salah satu penyebab gangguan pada koneksi internet pengguna First Media adalah terganggunya sistem provisioning modem. Artinya, ada gangguan pada sistem pengaturan yang menyebabkan modem tidak dapat mendapatkan Internet Protocol (IP). IP First Media berfungsi untuk menghubungkan kalian ke jaringan internet, sehingga jika terdapat masalah pada sistem, browser yang kalian gunakan tidak dapat digunakan untuk mencari informasi.
  • Pemadaman Aliran Listrik
    Gangguan pada aliran listrik juga dapat menyebabkan masalah pada layanan internet atau TV kabel First Media. Seperti yang terjadi di wilayah Jabodetabek saat terjadi banjir besar pada awal tahun 2020. Untuk mencegah kerusakan dan bahaya lebih lanjut, PLN biasanya akan memutuskan aliran listrik.

Cara Reset WiFi First Media

Bagi sebagian orang yang kurang mahir dalam teknologi, mungkin akan bingung bagaimana cara melakukan reset pada WiFi First Media. Namun, tidak perlu khawatir. Saya akan membagikan cara melakukan reset ulang pada WiFi serta cara reset password WiFi First Media.

Terdapat dua cara melakukan reset internet First Media, yaitu:

  • Dengan Tombol Restart
    Cara ini sangat mudah, kalian hanya perlu menekan tombol Power pada perangkat First Media selama 10 detik dan kemudian lepaskan. Setelah itu, WiFi akan mereset atau kembali ke setelan pabrik dan proses reset telah berhasil dilakukan.
  • Menghubungi Call Center
    Metode ini merupakan pilihan yang tepat jika kalian masih belum tahu cara melakukan reset. Dengan menghubungi call center, kalian akan diminta untuk mengikuti langkah-langkah cara reset WiFi First Media oleh customer service dari jasa pelayanan internet tersebut.
Baca juga:  Cara Memasukkan Voucher Indosat : Tanpa Ribet!

Untuk menghubungi call center, dapat melalui:

telepon: (021) 1500 595 atau
e-mail: customer.service@linknet.co.id

Cara Reset Password WiFi First Media

Mereset ulang WiFi memiliki manfaat untuk mengatasi error jaringan dan menghapus konfigurasi yang tidak diinginkan. Selain itu, terdapat cara untuk mereset ulang password WiFi First Media. Berikut adalah cara melakukan reset ulang password First Media:

  • Buka Browser
    Buka web browser yang telah terpasang di laptop atau komputer Anda. Jika belum terpasang, Anda dapat mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu.
  • Ketik IP 192.168.0.1
    Setelah masuk ke halaman web browser, ketik alamat IP di 192.168.0.1 pada address bar.
  • Masuk ke Halaman Login
    Anda akan diarahkan ke halaman login dari jasa pelayanan internet WiFi. Klik “Log in”.
  • Klik Setup dan Reset Password
    Setelah masuk ke halaman WiFi, pilih tab “Setup” dan Anda akan menemukan banyak pilihan di sana. Cara reset password First Media selanjutnya adalah dengan mengisi kolom “passphrase” untuk mengganti password WiFi.
  • Klik Simpan Pengaturan
    Setelah mengisi kolom passphrase dengan password baru yang diinginkan, klik “Save Settings”. Otomatis password WiFi Anda akan berganti. Jika masih ada masalah dengan koneksi, periksa juga perangkat yang digunakan karena mungkin ada masalah dengan penangkap jaringan pada perangkat tersebut.

Cara Settings Wifi Setelah di Reset

Sampai di sini, kalian sudah mengetahui bagaimana cara melakukan reset Wifi First Media. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, proses reset akan menghapus semua pengaturan Wifi, seperti SSID, Password, Bandwidth, dan lain sebagainya. Setelah reset, Wifi First Media akan kembali ke setelan pabrik, sehingga kalian perlu mengatur ulang Wifi First Media sesuai dengan pengaturan sebelumnya. Untuk melakukan proses ini, kalian membutuhkan alamat IP atau IP Address dari Modem yang digunakan.

Baca juga:  Pengertian Perangkat Lunak atau Software Pada Komputer

Informasi tentang IP Address dapat dilihat pada bagian belakang Modem First Media. Setelah mengetahui IP Address, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur ulang Wifi First Media yang telah di-reset:

  • Buka Browser
    Pertama-tama, buka browser di smartphone atau PC, lalu masukkan IP Address dari router yang digunakan.
  • Klik Login
    Jika sudah, klik tombol Login dan biarkan kolom password kosong, karena setelah Wifi di-reset, kalian tidak membutuhkan password untuk login sebagai admin.
  • Klik Start
    Pada halaman berikutnya, langsung saja klik Start.
  • Klik Next
    Setelah itu, pilih Next untuk memulai mengatur ulang Wifi First Media.
  • Setting Wifi First Media
    Sekarang kalian bisa menerapkan pengaturan, seperti mengganti nama Wifi pada kolom Network Name (SSID), mengaktifkan Security Mode, dan membuat Password pada kolom Network Key. Jika sudah, klik Next.
  • Buat Password Admin
    Terakhir, buatlah password admin menggunakan kombinasi angka, huruf kecil, dan huruf kapital dengan jumlah karakter maksimal 16. Jika sudah, klik Next untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Setelah berhasil mengatur ulang Wifi dengan cara di atas, kalian bisa melakukan re-connect ke Wifi First Media pada perangkat masing-masing dengan memilih SSID dan memasukkan password baru (jika kalian mengaktifkan fitur Security Mode).

Penutup

Demikianlah informasi dari qilat.id tentang beberapa faktor yang dapat menyebabkan gangguan pada koneksi wifi First Media. Jika kalian mengalami masalah pada koneksi internet atau TV kabel, ada satu solusi yang dapat kalian coba, yaitu reset modem wifi First Media.

Cara reset modem ini dapat membantu mengatasi beberapa masalah teknis pada jaringan First Media. Namun, jika setelah mereset modem masalah masih berlanjut, sebaiknya hubungi pihak First Media untuk mendapatkan bantuan teknis lebih lanjut.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang menggunakan layanan wifi First Media.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Reset Wifi First Media : Paling Simpel! yang dipublish pada April 11, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment