Harga Borongan Pasang Plafon Triplek

Harga Borongan Pasang Plafon Triplek : Bahan Material & Upah

Qilat.id Harga Borongan Pasang Plafon Triplek : Bahan Material & Upah. Plafon merupakan unsur yang tak terelakkan dalam dekorasi interior. Selain berfungsi untuk melindungi dari fluktuasi suhu dan kelembaban, plafon juga dapat mempercantik tampilan ruangan.

Dalam memasang plafon, Anda dapat mempertimbangkan berbagai jenis material, termasuk di antaranya plafon triplek

Plafon triplek masih diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan plafon gypsum atau PVC.

Selain itu, perawatan plafon triplek juga lebih sederhana dan tidak memerlukan biaya yang terlalu besar. Itulah sebabnya mengapa plafon triplek masih bertahan di pasaran.

Di Indonesia, kini telah tersedia banyak pekerja borongan dan kontraktor yang menawarkan jasa pemasangan plafon triplek. Mereka biasanya memiliki tarif atau harga jasa borongan yang dihitung berdasarkan satuan per meter persegi. Sebagai konsumen, Anda dapat memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki.

Sebelum memasang plafon triplek menggunakan jasa tukang borongan, disarankan untuk memahami terlebih dahulu besaran harga borongannya.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas secara rinci mengenai daftar harga borongan pemasangan plafon triplek per meter persegi, baik yang termasuk non material maupun plus material.Dengan demikian, Anda dapat menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Triplek

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, plafon triplek memiliki keunggulan dari segi harga yang lebih terjangkau dibandingkan jenis plafon lainnya. Namun demikian, hal tersebut tidak berarti material ini tidak memiliki kekurangan sama sekali.

Baca juga:  Cara Menghitung Volume Jendela : Biaya dan Jasa

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai harga borongan pemasangan plafon triplek, berikut ini kami akan jelaskan sejumlah kelebihan serta kekurangannya agar Anda dapat mempertimbangkan dengan matang sebelum memilih jenis plafon yang akan dipasang.

Kelebihan

Plafon triplek mudah didapatkan di toko bangunan terdekat.

  • Proses pengerjaannya mudah dan cepat.
  • Bobotnya lebih ringan.
  • Mudah diperbaiki ataupun diganti.
  • Plafon triplek termasuk ke dalam bahan yang tahan akan penyusutan ataupun melengkung.
  • Plafon triplek memiliki tekstur permukaan halus.
  • Memiliki sifat kuat dan tahan lama.

Kekurangan

  • Rentan terhadap kerusakan apabila terkena air secara terus menerus.
  • Tidak tahan api.
  • Warnanya cepat pudar.
  • Sambungan antar plafon bisa terlihat dengan jelas.

Model Desain Plafon Triplek

Plafon triplek sendiri memiliki jenis desain tersendiri, yakni:

1. Desain Plafon Triplek Minimalis

Harga Borongan Pasang Plafon Triplek

Desain ini menggunakan material triplek polos yang telah dicat dengan warna netral dan disesuaikan dengan warna lantai parket dan dinding. Meskipun memiliki desain minimalis, plafon jenis triplek ini mampu memberikan kesan ruangan yang hangat dan nyaman.

2. Desain Plafon Triplek Mewah dan Elegan

Harga Borongan Pasang Plafon Triplek

Plafon triplek yang dicat dengan warna terang memberikan kesan bercahaya pada ruangan dan meningkatkan kesan mewah dan menawan. Anda dapat menambahkan furnitur mewah, dinding, dan lantai kayu untuk meningkatkan kesan tersebut.

3. Desain Plafon Triplek dengan Kesan Antik Tradisional

Harga Borongan Pasang Plafon Triplek

Ternyata tidak hanya dengan plafon kayu, plafon triplek juga dapat memberikan suasana tradisional khas Jepang pada rumah Anda. Selain itu, menggunakan plafon triplek dapat menghemat budget, karena harganya yang murah namun tetap berkualitas.

4. Desain Plafon Triplek Unik Minimalis

Harga Borongan Pasang Plafon Triplek

Dengan desain yang unik ini, dapat dibuktikan bahwa plafon triplek dapat dijadikan sesuatu yang istimewa. Plafon triplek tidak hanya dipasang secara datar, tetapi juga dapat divariasikan dengan desain unik, seperti membentuk pola-pola tertentu atau model plafon triplek timbul.

Baca juga:  Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank : Secara Tepat

5. Desain Plafon untuk Rumah Gaya Kekinian

Harga Borongan Pasang Plafon Triplek

Desain tersebut cocok untuk diterapkan pada rumah modern dengan sedikit furnitur dan dekorasi. Plafon tersebut membuat ruangan terlihat lebih luas dan memberikan kesan hangat dan alami pada rumah.

Plafon triplek yang memiliki keunggulan dari segi harga yang murah, ternyata dapat memberikan desain yang beragam. Hal ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda untuk mendesain plafon triplek yang cocok untuk rumah impian Anda.

Ukuran Standar Plafon Triplek

Harap diketahui bahwa harga borongan pemasangan plafon triplek per meter persegi biasanya dipengaruhi oleh ukuran yang dipilih. Ukuran standar papan triplek yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan plafon adalah 240 cm x 112 cm atau 96 inci x 48 inci.

Sementara itu, ketebalan plafon triplek dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pembeli, mulai dari 3 mm hingga 6 mm. Plafon triplek biasanya dirangkai dengan menggunakan kaso 4/6 atau 5/7 dengan ukuran rangka kayu sebesar 60 cm x 60 cm.

Harga Borongan Pasang Plafon Triplek Per Meter

Seperti yang diketahui, upah tukang bangunan di beberapa daerah dapat memiliki perbedaan yang sedikit. Perbedaan tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti kondisi atau lokasi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan, hingga risiko pemasangan.

Meskipun begitu, harga borongan pemasangan plafon triplek non material biasanya berada di kisaran Rp50.000 hingga Rp70.000 per meter persegi. Sementara itu, tarif borongan pemasangan plafon triplek plus material berkisar antara Rp125.000 hingga Rp300.000 per meter persegi.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, besaran harga borongan dipengaruhi oleh tingkat kerumitan dan kesulitan pemasangan. Selain itu, pemilihan kualitas dan harga plafon kayu juga mempengaruhi total biaya borongan per meter persegi.

Cara Menghitung Biaya Pasang Plafon Triplek

Secara umum, cara menghitung biaya pemasangan plafon triplek hampir sama dengan menghitung biaya pemasangan plafon PVC. Langkah awalnya adalah mengetahui total luas atau volume bidang pekerjaan yang akan dipasang plafon triplek. Berikut ini adalah rincian perhitungannya.

Baca juga:  Lebar Tangga Ideal : Bagaimana Menentukan Ukuran yang Tepat?

Volume Pekerjaan Plafon

Langkah pertama, hitunglah luas atau volume bidang pekerjaan plafon triplek. Misalnya, jika Anda akan memasang plafon triplek berukuran 240 cm x 112 cm pada ruangan kamar dengan panjang 4 meter dan lebar 4 meter, berikut ini adalah cara perhitungannya.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 4 meter.
  • Lebar ruangan : 4 meter.
  • Ukuran plafon triplek : 240 cm x 112 cm.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan plafon triplek : Panjang x lebar ruangan.
  • Volume pekerjaan plafon triplek : 4 m x 4 m = 16 meter persegi.

Biaya Pasang Plafon Triplek

Setelah itu, Anda dapat menghitung biaya pemasangan plafon triplek dengan menggunakan jasa pekerja borongan. Caranya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga borongan pasang plafon triplek per meter persegi, baik yang termasuk non material maupun plus material.

Borongan Non Material

  • Biaya pasang plafon : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pasang plafon triplek : 16 m2 x Rp 50.000 = Rp 800.000.

Borongan Plus Material

  • Biaya pasang plafon : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pasang plafon triplek : 16 m2 x Rp 125.000 = Rp 2.000.000.

Berdasarkan data perhitungan di atas, total biaya yang perlu disiapkan untuk memasang plafon triplek berukuran 240 cm x 112 cm pada ruangan kamar dengan panjang sisi 4 meter adalah sekitar Rp800.000 untuk pekerja borongan non material dan Rp2.000.000 untuk pekerja borongan plus material.

Penutup

Dengan mengetahui harga borongan pasang plafon triplek, Anda dapat merencanakan anggaran yang tepat untuk memperindah interior rumah dengan plafon yang murah namun tetap estetik. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi harga borongan, seperti ukuran, ketebalan, dan jenis material yang digunakan.

Namun, dengan mengikuti langkah-langkah perhitungan yang tepat, Anda dapat menghemat biaya dan mendapatkan hasil pemasangan plafon triplek yang sesuai dengan keinginan dan anggaran Anda. Demikian pembahasan dari qilat.id mengenai Harga Borongan Pasang Plafon Triplek Semoga Bermanfaat bagi kalian.

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Harga Borongan Pasang Plafon Triplek : Bahan Material & Upah yang dipublish pada April 8, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment