Skema Kulkas 1 Pintu

Skema Kulkas 1 Pintu dengan Gambar Yang Mudah Kalian Pahami

Qilat.id – Skema Kulkas 1 Pintu dengan Gambar Yang Mudah Kalian Pahami. Kulkas 1 pintu adalah alat elektronik yang sangat penting bagi kebanyakan orang. Meskipun sering digunakan, banyak orang tidak tahu cara kerja kulkas.

Dalam artikel ini, kita akan membahas Skema Kulkas 1 Pintu denga Gambar untuk membantu Kalian memahami bagaimana kulkas bekerja dan bagaimana Kalian dapat merawatnya dengan benar.

Skema Kulkas 1 Pintu dengan Gambar adalah representasi visual dari sistem kerja kulkas. Diagram ini menunjukkan semua bagian kulkas dan hubungan antara mereka.

Dalam gambar ini, Kalian dapat melihat bagaimana udara di dalam kulkas bergerak, bagaimana komponen bekerja bersama, dan bagaimana suhu di dalam kulkas dipertahankan.

Cara Kerja Kulkas 1 Pintu

Kulkas jenis satu pintu adalah jenis kulkas yang paling sederhana dalam sistem kerjanya. Kulkas ini menggunakan sistem pendinginan langsung, di mana ruang freezer-nya menyatu dengan evaporator yang berfungsi sebagai lKaliansan untuk mendinginkan benda pada ruang tersebut.

Meskipun kulkas ini masih minim fitur, namun untuk mengatasi dan mengurangi dampak dari bunga es yang menumpuk pada kulkas 1 pintu, kulkas ini dilengkapi dengan satu komponen alat bernama termostat yang berfungsi untuk mengatur suhu.

Jika Kalian menggunakan kulkas jenis satu pintu, maka perawatan rutin harus dilakukan terutama dalam membersihkan tumpukan bunga es yang muncul untuk mengoptimalkan kinerja kulkas Kalian.

Penjelasan dan Contoh Skema Kulkas 1 Pintu

Di kulkas, prinsip kerja yang digunakan adalah kebalikan dari konsep pendinginan di mana panas yang terserap diubah untuk mendinginkan bahan makanan di dalamnya.

Komponen yang bertanggung jawab menjalankan prinsip ini adalah Evaporator, namun Evaporator tidak bekerja sendirian karena freon juga merupakan kunci utama dalam proses pendinginan kulkas.

Baca juga:  Ketahui, Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus Secara Lengkap

Berikut ini adalah contoh diagram jalur kabel kulkas 1 pintu beserta penjelasan fungsi dari setiap komponennya.

Secara sederhana, prinsip kerja kulkas dapat dibayangkan seperti ini: saat kita mandi dengan air dingin, tubuh kita akan terasa dingin karena sisa-sisa air di kulit mengambil panas dari dalam tubuh dan menguap.

Dalam ilustrasi ini, kulit kita dapat diibaratkan sebagai Evaporator, isi kulkas sebagai jaringan di bawah kulit, dan sisa-sisa air pada kulit sebagai freon.

Freon mengalir menuju Evaporator dalam bentuk cair, dan setelah menyerap panas dari dalam kulkas, freon akan dibuang keluar kulkas.

Sementara itu, kipas motor akan mengeluarkan udara dingin dari Evaporator ke seluruh bagian kulkas, sehingga membuat seluruh isi kulkas menjadi lebih dingin daripada suhu di luar.

Fungsi Komponen Kulkas 1 Pintu

Proses pendinginan yang cukup panjang tersebut melibatkan 6 komponen utama. Semua komponen atau bagian tersebut saling bekerjasama untuk menyedot panas dari kulkas lalu mendinginkan isi kulkas dalam waktu singkat.

Setiap komponen kulkas memiliki fungsi berbeda yaitu:

1. Kompresor

Kompresor adalah mesin pompa listrik yang berfungsi menghisap dan memompa gas freon agar dapat mengalir di dalam pipa pendingin atau kapiler.

Terdapat kumparan di dalam kompresor yang menghasilkan putaran untuk menggerakkan pompa.

Semua komponen kompresor terdapat di dalam tabung dan direndam dalam oli pendingin untuk mencegah panas yang berlebihan.

Oleh karena itu, jika ingin memperbaiki kompresor, tabung kompresor harus dibuka dengan cara membelahnya.

2. Thermostat

Thermostat pada kulkas merupakan sensor suhu yang berguna untuk menjaga agar suhu di dalam kulkas tetap stabil sesuai dengan yang diinginkan.

Thermostat ini terhubung langsung dan menjadi bagian dari sistem timer pada kulkas. Fungsi dari timer kulkas adalah untuk mengendalikan kerja mesin kompresor.

Jika suhu di dalam kulkas telah mencapai tingkat dingin yang telah ditentukan, maka timer akan memutus arus listrik yang menuju ke kompresor sehingga kompresor akan berhenti bekerja.

Baca juga:  Gambar Skema Lampu Philips Yang Mudah Dipajami : LED 45 Watt

Sebaliknya, jika suhu di dalam kulkas naik, maka sensor akan menggerakkan timer untuk menghubungkan arus listrik ke kompresor.

3. Door Switch

Door switch adalah jenis saklar atau switch yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik yang menuju ke lampu di dalam kulkas.

Ketika pintu kulkas dibuka, door switch akan menutup sehingga aliran listrik mengalir ke lampu dan membuatnya menyala.

Sebaliknya, jika pintu kulkas ditutup, door switch akan membuka dan memutus aliran listrik ke lampu.

Door switch ini sangat penting untuk mencegah lampu di dalam kulkas terus menyala dan menghasilkan panas yang dapat mempengaruhi kinerja pendingin kulkas.

4. Lampu

Lampu kulkas berfungsi untuk menerangi ruangan di dalam kulkas agar kita mudah untuk meletakkan atau mengambil sesuatu di dalam kulkas. Saat ini sebagian besar lampu kulkas telah menggunakan jenis lampu led yang lebih tahan lama.

5. PTC

PTC (Positive Temperature Coefficient) adalah salah satu jenis resistor yang hambatannya dipengaruhi oleh suhu penampangnya.

Ketika suhu resistor PTC meningkat, maka nilai hambatannya juga akan semakin besar.

Dalam kulkas, PTC berfungsi untuk mengatur aliran listrik ke kumparan bantu pada kompresor. Ketika kompresor mulai bekerja atau berputar, hambatan PTC cukup rendah sehingga arus listrik dapat mengalir ke kumparan bantu kompresor.

Kumparan bantu ini membantu kumparan utama dalam menghasilkan momen putaran yang besar untuk memutar rotor. Setelah rotor berputar, suhu PTC akan semakin naik akibat aliran listrik yang melewatinya.

Kenaikan suhu pada PTC menyebabkan hambatannya semakin besar sehingga aliran listrik yang menuju ke kumparan bantu kompresor akan terputus.

Selanjutnya, hanya kumparan utama yang akan bekerja untuk memutar rotor.

6. Overload Relay

Overload relay pada kulkas berfungsi untuk mencegah terjadinya panas yang berlebihan pada kompresor. Biasanya, overload relay terpasang di dalam atau di luar mesin kompresor kulkas.

Baca juga:  Arti Warna Kabel Pada Kipas Angin, Lengkap dengan Fungsinya

Overload relay memiliki bimetal di dalamnya yang dapat berubah bentuk ketika terkena panas.

Perubahan bentuk bimetal inilah yang akan menggerakkan batang konduktor untuk terhubung ke terminal listrik.

Jika kompresor terlalu panas, overload relay akan memutus aliran listrik yang menuju ke kompresor untuk mencegah kerusakan pada kumparan kompresor.

Diagram kulkas 2 pintu pada dasarnya sama dengan kulkas 1 pintu. Namun, pada kulkas 2 pintu terdapat tambahan komponen seperti heater dan defrost yang berfungsi untuk memanaskan freezer box agar tidak terbentuk bunga es.

Perbedaan Cara Kerja Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Secara dasarnya, kulkas 1 pintu dan 2 pintu memiliki cara kerja yang sama. Keduanya menggunakan Evaporator, kompresor, kondensor, dan freon untuk menjaga suhu dalam kulkas tetap dingin.

Namun, kulkas 2 pintu memiliki kelebihan yang lebih banyak dibanding kulkas 1 pintu. Selain memiliki kapasitas yang lebih besar, freezer di bagian atas bisa memiliki suhu yang lebih dingin daripada bagian bawahnya.

Hal ini memungkinkan Kalian untuk memisahkan makanan biasa dan makanan beku serta mengatur suhu yang berbeda di kedua bagian tersebut.

Selain itu, pada kulkas 2 pintu, Kalian tidak perlu repot lagi membersihkan bunga es karena kulkas ini dilengkapi dengan fitur khusus untuk mencegah terbentuknya lapisan bunga es pada freezer.

Fitur ini bahkan dapat berjalan secara otomatis sehingga Kalian tidak perlu repot membersihkan bunga es setiap minggu.

Penutup

Dalam artikel ini, qilat.id telah membahas skema kulkas 1 pintu dan bagaimana kulkas tersebut bekerja.

Dengan gambar yang disediakan, Kalian dapat lebih memahami bagaimana setiap komponen dalam kulkas bekerja sama untuk menjaga makanan dan minuman tetap segar dan dingin.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kulkas 1 pintu dan skemanya. Terima kasih telah membaca!

Qilat.id
Kiky

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Skema Kulkas 1 Pintu dengan Gambar Yang Mudah Kalian Pahami yang dipublish pada March 28, 2024 di website Qilat.id

Artikel Terkait

Leave a Comment